Selasa, 28 Februari 2012

Pantai Timur, gak kalah dari Tanjung Karang kok !


pantai ogodako
Assalamualaikum, hei readers ! waktu nulis postingan ini lagi lewat tukang yang mukul gedug sambil monyetnya goyang.goyang, aku lupa itu apa namanya -__-*gakpentingbanget* kali ini postinganku berkaitan dengan tugas mapel TIK yang disekolahku, tugasnya apa ? yak tugasnya adalah membahas apa saja mengenai sulawesi tengah. Terserah penulisnya mau tulis tentang keindahan alamnya, letak geografisnya, ataupun yang khas dari sulawesi tengah. Nah, kali ini aku bakal bahas tentang daerah dimana masa kecilku, aku habiskan di daerah tersebut :D, oke mulai !


Hmm, aku mulai pembahasannya dengan kata-kata gini, bosan baca tentang danau lindu ? atau tentang tanjung karang ? atau tentang jembatan ponulele misalnya ? kalian patut baca artikel yang aku bikin! Mungkin kalian sudah mengenal Teluk tomini bukan ? belum kenal ? teluk tomini ialah Teluk Tomini berada di bagian timur laut Sulawesi Tengah(source).

Daerah tempat dimana si penulis dibesarkan, biasa disebut di desa Tomini, tetapi itu salah ! si penulis dibesarkan di desa Mepanga yang jaraknya dari kota Palu (Ibukota Sulawesi Tengah) ±250 Km.  Jauh perjalanan yang ditempuh dari Palu ke Mepanga memakan waktu 6 jam. Terus apa yang spesial dari tempat si penulis dibesarkan ini ? kebanyakan orang yang berada di daerah Tomini, Mepanga dan sekitarnya menyebut daerah atau pantai yang berada tempat mereka berasal yaitu Pantai timur, so kalian bisa mengatakan bahwa saya orang dari pantai timur :) .




itu mama sakinah, lagi nyantai di lesehan pantai ogodako
Lanjut, karena saya orang pantai timur, otomatis saya tau beberapa pantai yang viewnya tak kalah indahnya dibandingkan pantai tanjung karang*haratsaja:D*. Yap, salah satunya yaitu pantai yang berada di Ogodako. Dimana tuh ogodako ? kalau dari Mepanga*daerah ini merupakan jalan trans menuju Gorontalo dan Manado* kalian bisa menenempuh sekitar 5 km lagi dan kalian akan mendapatkan pertigaan jalan yang menuliskan jika terus maka akan mengikuti arah Gorontalo dan Manado, jika belok maka arahnya akan ke Toli-toli,so kita pilih terus. Jika sudah dekat dengan Ogodako maka kita akan mendapatkan tulisan yang bertuliskan “Ogodako Beach, tempat rekreasi” . tempat ini sering sekali digunakan sebagai tempat rekreasi, biasanya juga dipakai kalo artis ibukota*Palu* datang menghibur*konsernya ditempat ini*.
pantai di Mepanga
               Kegiatan apa aja yang bisa dilakukan ditempat ini ? pastinya, mandi-mandi aer laut, palingan cuman nyiprat sana sini, kalian juga bisa masak-masak ditempat ini, kalo kalian beruntung, biasanya ada nelayan yang menawarkan ikannya, kalo saya pribadi sering banget makan makanan laut disini, mulai dari ikan batu *yang biasanya warnanya merah trus gede *, ikan pari, sampai kura-kura orang sana menyebutnya Tuturuga, rasanya ? yah kenyal-kenyal gitu. Kekurangan dari tempat ialah kurang terawatnya lokasi rekreasi ini, katanya sih kurang diperhatikan pemerintah kalo gak pemilik tempatnya yang kurang merawat lokasinya.
                Beberapa waktu lalu, saya balik ke Mepanga untuk liburan, waktu itu saya bareng mama sakina*panggilannya mamaku disana -_-* lagi beli ikan dipantai deket rumahku. Perlu pembaca ketahui, disamping rumahku di Mepanga terdapat jalan yang langsung menuju ke pantainya, keuntungannya ketika kita membeli ikan di pantai selain harganya masih murah, dijamin masih fresh, right ?. Waktu aku bareng mamaku beli ikan, saking lamanya nunggu si om nelayan sampe di daratan, aku motret pantainya disana pake hape mamaku. Dan hasilnya apa ketika aku tunjukin ke temen-temen disekolah ? mereka nanya itu view tanjung karang bagian mana ?. Haha, kalian salah jika mengira itu tanjung karang, foto itu adalah salah satu pemandangan pantai di Mepanga pada pagi hari, indah bukan ? So, tunggu apalagi ? ayo berkunjung kesana ! *asek*
                Sebagai penutup, tadi saya katakan saya balik ke Mepanga beberapa waktu lalu kan ? Kalau deskripsi saya diatas kurang membuat kalian tertarik,  mungkin gambar ini bisa membuat kalian tertarik :D . Gambar itu adalah foto yang saya ambil ketika saya berlibur di Mepanga, kalian lihat suasana disitu ? itu adalah gambaran matahari terbenam di pantai timur tepatnya matahari itu terbenam pada tanggal 01 Januari 2012, keren kan ? kalo kalian pengen berkunjung kerumahku gampang aja, kalian liat gambar itu ? ada mesjidkan ? depan mesjid itu terdapat toko, namanya Toko Sakinah , itu rumahku :D , so ayo berkunjung ke pantai timur ! yey :D
Wassalam .

8 komentar:

  1. foto yang pertama itu.. ada pohon di tengah lautnya? :o atau bagaimana..?

    BalasHapus
  2. iahh, ada pohon .. di pantai di mepanga juga ada pohonnya juga :) ..

    BalasHapus
  3. Qina, tidak singgah di BOBALO (BALOY),,, ambil gambarnya kampung Bapk

    BalasHapus
  4. eee ranga parvati..itu pohon tembakau namanya...

    BalasHapus
  5. pak aris : insya allah nanti lah pak, kapan-kapan :D

    Ufik : io, bakau broo

    BalasHapus
  6. nda kentara ko akarnya. biasa pohon bakau akarnya keliatan, baru banyak *?*

    BalasHapus