Minggu, 29 Oktober 2017

Pekan Qur'an Tadulako



Resume Seminar Qur’an : Pekan Qur’an Tadulako

Baru liat pertama kali poster dari seminar ini, dibenak saya langsung terpikir wah saya harus ikut ini, pasti acaranya keren abis. Dan benar saja, sesampainya saya disana pembukaan  diawali dengan lantunan ayat qur’an dilanjutkan dengan penampilan dari kafilah yang mengikuti lomba tahun ini di malang terkait korupsi yang pemaparannya buat saya merinding, keren sekali soalnya haha.

Materi I : Bagaimana membentuk generasi Qur’an
Oleh : Nurdin Hanafi, S.Ag

-Membaca al-qur’an harus dengan iman serta keikhlasan, sehingga dengan iman dapat memberikan manfaat sekaligus pahala
-Mengapa banyak yang malas baca qur’an kemungkinan besar karena tidak tahu manfaatnya
- kita harus yakin, islam itu akan tegak, dengan apa ? dengan qur’an karena hal itu telah disebutkan dalam al qur’an surat an nur ayat 55:
اسْتَخْلَفَ الَّذِينَ مِنْ قَبْلِهِمْ وَلَيُمَكِّنَنَّ لَهُمْ دِينَهُمُ الَّذِي ارْتَضَىٰ لَهُمْ وَلَيُبَدِّلَنَّهُمْ مِنْ بَعْدِ خَوْفِهِمْ أَمْنًا ۚ يَعْبُدُونَنِي لَا يُشْرِكُونَ بِي شَيْئًا ۚ وَمَنْ كَفَرَ بَعْدَ ذَٰلِكَ فَأُولَٰئِكَ هُمُ الْفَاسِقُونَ
Dan Allah telah berjanji kepada orang-orang yang beriman di antara kamu dan mengerjakan amal-amal yang saleh bahwa Dia sungguh-sungguh akan menjadikan mereka berkuasa dimuka bumi, sebagaimana Dia telah menjadikan orang-orang sebelum mereka berkuasa, dan sungguh Dia akan meneguhkan bagi mereka agama yang telah diridhai-Nya untuk mereka, dan Dia benar-benar akan menukar (keadaan) mereka, sesudah mereka dalam ketakutan menjadi aman sentausa. Mereka tetap menyembahku-Ku dengan tiada mempersekutukan sesuatu apapun dengan Aku. Dan barangsiapa yang (tetap) kafir sesudah (janji) itu, maka mereka itulah orang-orang yang fasik.
-Dengan adanya janji itu bertambahlah semangat kita untuk berjayanya islam itu sekali lagi
-walau perppu ormas sudah disahkan tapi jika allah katakan barangsiapa yang memadamkan cahaya Allah dengan tipu daya, tetapi Allah (justru) menyempurnakan cahaya-Nya, walau orang-orang kafir membencinya ( As saff ayat 8)
-tidak penting apakah kita hidup dizaman gemilang itu tapi bagaiamana kita turut andil untuk mengembalikan zaman itu
-setidaknya kita harus jadi pondasi bagi generasi dimasa depan
Saya terharu mendengarkan penjelasan beliau, seakan termotivasi lagi untuk turut andil demi berjayanya islam, pada akhir sesi materi 1, kita juga diajarkan cara menghafal Al-qur’an dengan mengulang 20 kali pada ayat yang sama- juga pada saat itu langsung dipratekkan (talaqqi sebanyak 3 kali)

Materi II : membentuk generasi Intelektual
Oleh : Dr. Ir. Muhd. Nur Sangadji, DEA

-Mengapa rata-rata orang Indonesia, susah berbahasa inggris ? karena mereka diajarkan berfikir dulu baru berbahasa
-padahal jika ingin berbahasa inggris, cara mempelajarinya ialah berbahasa dulu walau salah baru difikir
-kebiasaan kita adalah terlalu banyak memproduksi alasan, jadi mulai sekarang jangan sampai membuat alasan dan selalu terpacu untuk belajar

Tips yang dibawa pulang dari kedua pemateri
-Gunakan selalu al qur’an sebagai pedoman hidup
-bacaan harus diamalkan (sami’na wa ato’na)
-make a habit (kebiasaan akan muncul apabila selalu dilakukan berulang dan belajar dari kesalahan)
-buat critical situation agar kamu terpacu untuk terus bergerak dan belajar
-ikhlas
-dan letakkan dalam pikiranmu bahwa kamu bisa!

Ahad, 29 Oktober 2017
Lokasi : IT Center Universitas Tadulako

Tanggal 3-5 November Akan dilaksanakan Mukhayyam (Camping) Qur’an Mahasiswa, insya allah mau ikut juga kalo tidak ada halangan hehe

Tidak ada komentar:

Posting Komentar